Beranda > Volume. I No. 1 > PENGARUH RELATIONSHIP QUALITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN

PENGARUH RELATIONSHIP QUALITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN

Kunci keberhasilan relationship marketing adalah implementasinya melalui kualitas keterhubungan atau relationship quality yang terdiri dari kepercayaan (trust), kepuasan (satisfaction) dan komitmen (commitment). Pada studi ini, ketiga kompenen tersebut digunakan untuk memprediksi loyalitas pelanggan. Subjek adalah 140 nasabah aktif Bank BNI yang telah menjadi nasabah sekurang-kurangnya 1 tahun. Metode analisis yang digunakan adalah structural equation model (SEM). Hasil model pengukuran menunjukkan bahwa model teoritis yang diajukan dapat diterima. Hasil model struktural menunjukkan bahwa ketiga hipotesis yang diajukan dapat dikonfirmasikan oleh data. Komponen-komponen relationship quality yaitu kepercayaan, kepuasan dan komitmen memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas nasabah.

Baca Selengkapnya…