Beranda > Volume.X No. 2 > PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012 – 2016)

PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012 – 2016)

28/01/2019

Natasha Suri, Intan Pramesti Dewi

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Good Corporate Governance terhadap manajemen laba. Good Corporate Governance diukur dengan kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit, dan komisaris independen. Pengukuran manajemen laba dalam penelitian ini menggunakan Discretionary accrual (DA) modified model Jones. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Jumlah perusahaan manufaktur sektor food and beverages yang dijadikan sampel sebanyak 13 perusahaan. Model analisis yang digunakan peneliti adalah analisis regresi berganda dengan SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit, dan komisaris independen berpengaruh tidak signifikan terhadap manajemen laba.

 Kata kunci : Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Komite Audit, Komisaris Independen, Manajemen Laba, Discretionary Accruals

Download

Komentar ditutup