Beranda > Volume. IX No. 2 > PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi pada Mahasiswa STIE STAN Indonesia Mandiri Bandung)

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi pada Mahasiswa STIE STAN Indonesia Mandiri Bandung)

19/03/2018

Muhammad Giffari Havid, Ivan Aries Setiawan, Tuntun Ariadi Sukanta

Salah satu jenis kecerdasan yang menyita perhatian akademisi adalah kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional dipandang sebagai faktor penting bagi keberhasilan seseorang, dan bahkan, di dunia praktek dianggap lebih penting daripada kecerdasan intelektual. Para akademisi juga memandang bahwa perilaku belajar merupakan faktor penting, mengingat dampaknya terhadap adaptasi dalam praktek kerja. Penelitian ini mengkaji pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi. Subjek yang diteliti adalah 80 mahasiswa program studi akuntansi Strata 1 semester 5 dan 7 di STIE STAN Indonesia Mandiri Bandung. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kecerdasan emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi. Pengujian hipotesis berikutnya menunjukkan bahwa perilaku belajar memiliki pengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi. Oleh karenanya, dapat diprediksikan bahwa semakin positif perilaku belajar mahasiswa, maka semakin tinggi pula pemahaman akuntansi mahasiswa. Kajian deskriptif mengindikasikan bahwa aktivitas mahasiswa di perpustakaan perlu mengalami peningkatan. Selain itu, proses pembelajaran mahasiswa sebelum ujian juga memerlukan peningkatan. Koefisien determinasi yang begitu rendah mengindikasikan adanya sejumlah faktor penting lainnya yang tidak diteliti namun sangat menentukan pemahaman akuntansi.

 

Kata kunci: kecerdasan emosional, perilaku belajar, kecerdasan spiritual pemahaman akuntansi, mata kuliah akuntansi.

Baca selengkapnya

Komentar ditutup