Beranda > Volume. IX No. 2 > PENGARUH KECERDAAN SPIRITUAL DAN KECERDASAN SOSIAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi pada Mahasiswa 5 Perguruan Tinggi Swasta di Bandung)

PENGARUH KECERDAAN SPIRITUAL DAN KECERDASAN SOSIAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi pada Mahasiswa 5 Perguruan Tinggi Swasta di Bandung)

19/03/2018

Dini Anggraeni, Ivan Aries Setiawan

Secara praktis, melalui tingkat pemahaman akuntansi dapat diketahui seberapa cukupkah ilmu akuntansi yang sudah dimiliki seorang akuntan agar bisa melaksanakan peran profesi akuntan di dunia bisnis. Penelitian ini menempatkan kecerdasan spiritual dan kecerdasan sosial sebagai anteseden pemahaman akuntansi. Selain beragam jenis kecerdasan, kedua jenis kecerdasan tersebut oleh para peneliti sering dianggap sebagai anteseden penting bagi pemahaman akuntansi. Subjek adalah 170 mahasiswa jurusan/prodi akuntansi Strata 1 yang berasal dari 5 perguruan tinggi swasta. Teknik analisis menggunakan regresi ganda. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual dan kecerdasan sosial secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi. Hasil uji individual menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi. Namun, hipotesis bahwa kecerdasan sosial berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi tidak dapat dikonfirmasikan. Koefisien determinasi yang rendah (7,1%) mengindikasikan adanya sejumlah faktor penting lainnya yang tidak diteliti namun sangat menentukan pemahaman akuntansi. Secara teoritis, kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional sangat mungkin merupakan faktor penting dalam peningkatan pemahaman akuntansi.

 

Kata kunci:        kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, pemahaman akuntansi

Baca selengkapnya

Komentar ditutup