Beranda > Volume. IX No.1 > FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ONLINE SHOPPING DECISION ZALORA ONLINE STORE INDONESIA

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ONLINE SHOPPING DECISION ZALORA ONLINE STORE INDONESIA

01/03/2018

Made Anindya Samhita, Osa Omar Sharif

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang
mempengaruhi Online Shopping Decision Zalora Online Store Indonesia.
Pengambilan sampel menggunakan kuesioner yang disebar melalui Google forms
terhadap 200 orang responden di Indonesia dengan populasi pengguna internet di
Indonesia. Data yang didapat dari berbagai literatur, artikel serta jurnal, didapatkan
bahwa ada lima variabel yang mempengaruhi Online Shopping Decision, yaitu:
Behavioral Control Perception (HV), Convenience Perception (NT), Subjective
Standard (CQ), Price Expectation (MD) dan Website Impact (WS). Penelitian ini
menguji statistik kelima variabel tersebut dan memperoleh informasi bahwa
kelima variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap Online Shopping
Decision Zalora Online Store Indonesia. Serta melalui Stepwise Method
didapatkanlah suatu kombinasi terbaik yang paling berpengaruh dari semua
kemungkinan yaitu antara dua variabel: Price Expectation (MD) dan Subjective
Standard (CQ). Disarankan agar Zalora memberi rekomendasi produk dengan
penawaran menarik, memperlihatkan komentar pembeli sebelumnya, memberi
keterangan hemat dan promosi kemudahan berbelanja online di Zalora yang gratis
ongkos pengiriman untuk meningkatkan Price Expectation. Juga memberi after
sales service yang baik, memastikan barang sampai tepat waktu, meningkatkan
brand image di masyarakat melalui promosi dan membuat program kode promo
untuk meningkatkan Subjective Standard.
Kata kunci: Online Shopping Decision, Price Expectation, Subjective Standard.

Baca selengkapnya

Komentar ditutup