Beranda > Volume. IX No.1 > EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI OPPO F1S DENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER RESPONSE INDEX

EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI OPPO F1S DENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER RESPONSE INDEX

01/03/2018

Shavira Larosa Syabania, Osa Omar Sharif

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas iklan OPPO F1s pada
media televisi menggunakan metode Customer Response Index yang memiliki lima
dimensi yaitu Awareness, Comprehend, Interest, Intention, dan Action. Pengambilan
sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dan diperoleh 102 responden. Sumber
data yang digunakan dalam penlitian ini adalah data primer yang dihasilkan dari
penyebaran kuisioner melalui media sosial. Penelitian ini dilakukan di Kota Bandung.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa iklan OPPO F1s pada media televisi tidak
efektif, karena persentase nilai CRI untuk Action iklan OPPO F1s yaitu 33,8% lebih
kecil dibandingkan persentase nilai CRI untuk No Interest yaitu 35,3%. Kondisi tersebut
dapat disimpulkan bahwa iklan OPPO F1s pada media televisi merupakan iklan yang
memiliki ketertarikan rendah atau low interest. Saran yang dapat diterapkan untuk
OPPO adalah dengan menayangkan iklan diberbagai stasiun televisi dan membuat iklan
dengan konten yang menampilkan kehidupan sesuai kenyataan dan atau menggunakan
unsur humor dalam iklan yang akan dibuat.
Kata kunci: Iklan, Iklan Televisi, Customer Response Index.

Baca selengkapnya

 

Komentar ditutup