Beranda > Volume. VII No. 1 > ANALISIS KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia)

ANALISIS KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia)

15/05/2017

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu pandangan bahwa manajemen perusahaan yang bersifat oportunistik cenderung untuk melakukan manipulasi terhadap kinerjanya dengan melakukan manajemen laba sehingga akan menimbulkan konflik kepentingan dan asimetri informasi yang nantinya akan berdampak pada reaksi pasar terhadap suatu informasi dikeluarkan oleh suatu perusahaan. Oleh karena itu diperlukan adanya suatu audit atas laporan keuangan oleh pihak ketiga yang independen yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas informasi keuangan yang dilaporkan oleh manajemen perusahaan. Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis memandang perlu dilakukan penelitian untuk mengkaji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap manajemen laba.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas audit terhadap manajemen laba Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode yang bersifat menjelaskan (explanatory research). Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel dalam penelitian ini berjumlah 88 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2007-2012. Pengujian hipotesis penelitian adalah dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas audit berpengaruh negatif secara signifikan terhadap manajemen laba

Kata kunci : Kualitas Audit, Manajemen Laba

Baca Selengkapnya

Komentar ditutup